Selasa, 08 September 2015


Pengertian Dan Fungsi Motherboard Serta Komponennya - Motherboard merupakan perangkat keras atau hardwere komputer yang memiliki peran dan fungsi utama. Semua komponen hardwere memiliki fungsi yang berbeda-beda, begitu juga dengan perangkat keras seperti motherboard ini. Dalam pembahasan kali ini, kita akan bahas tentang fungsi utama motherboard.
Pengertian Dan Fungsi Motherboard Serta Komponennya

Fungsi Motherboard

Cara kerja motherboard yakni mengatur semua hal seputar Basic Input Output System(Bios), pengatur koneksi input-output (Chipset), VGA card, RAM, processor & Additional card (PCI, ISA). Adapun fungsi utama motherboard yaitu : sebagai pusat penghubung antara satu perangkat keras dengan perangkat keras yang lainnya. Maksudnya ialah motherboard di sini mengemban tugas untuk menghubungkan bahasa kode antarperangkat keras untuk disinergikan menjadi aktivitas kerja perangkat dalam komputer. Contohnya, motherboard sebagai perangkat utama menghubungkan beberapa perangkat keras lainnya seperti RAM, prosesor, RAM, hard disk, printer, VGA Card & masih lainnya.

Motherboard dan processor sama-sama penting dalam sebuah komputer. Jika motherboard rusak dan tak berfungsi lagi, maka akan menyebabkan aktivitas dalam komputer terganggu dan tidak maksimal. Oleh karenanya, dalam memilih dan membeli motherboard jangan tergiur dengan harga yang murah tapi harus disesuaikan dengan perangkat-perangkat tambahan yang ada pada komputer anda. 

Motherboard memiliki beberapa komponen. Adapun komponen-komponen motherboardantara lain :

  • Slot ProsessorFungsinya untuk menancapkan / meletakan processor pada komputer, bentuknya persegi dengan ukuran sesuai dengan processornya.
  • Slot memori (RAM)
    Berfungsi untuk memasang memori ke motherboard, bentuknya panjang dan memiliki pengunci pada sisi kanan & kirinya yang berfungsi untuk mengunci memori yang terpasang pada motherboard. 
  • Slot PCI Express X16
    Yang berfungsi untuk menancapkan kartu VGA. 
  • Slot PCI Express xX1
    Berfungsi untuk menancapkan kartu ekspansi seperti LAN Card dls. 
  • Slot PCI 
  • Berfungsi untuk menancapkan kartu ekspansi, sama seperti slot PCI Express x1 namun memiliki kecepatan akses dibawah slot PCI Express X1.
  • Slot AGP
    Memiliki fungsi sama seperti slot PCI Express x16, slot ini digunakan bagi motherboard yang belum memiliki slot PCI Express x16.
  • Chipset Southbridge
    Berfungsi sebagai pengatur alur data kinerja pada prosessor dengan komponen sekunder seperti Driver, IDE harddisk, DMA dan lain-lain.
  • Chipset NortbridgeBerfungsi sebagai pengatur lalu lintas data antara prosessor dengan sistem memori &saluran utama motherboard. Komponen ini berbentuk persegi yang menempel pada motherboard.
  • Chipset BIOSChipset yang berfungsi untuk menyimpan program bios dan konfigurasinya.
  • Baterai CMOS
    Merupakan baterai khusus yang fungsinya memberikan daya kepada chipset bios supaya konfigurasi dari bios tidak kembali lagi ke pengaturan semula ketika komputer dimatikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar